Sunday, June 2, 2013

Tempointeraktif.com - KADI Temukan Dugaan Dumping Produk Filipina

Kamis, 7 Oktober 2004.



Ekonomi Bisnis

KADI Temukan Dugaan Dumping Produk Filipina

Kamis, 07 Oktober 2004 | 17:42 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) menyatakan telah menemukan adanya dugaan dumping pada barang impor cavendish bananas asal Filipina. Ditemukannya dugaan dumping ini setelah ada laporan dari PT Nusantara Tropical Fruit beberapa waktu yang lalu.



Dalam siaran pers yang diterima Tempo, barang impor yang diduga dumping tadi bernomor HS0803.00.100. Dari permohonan tersebut, KADI menemukan indikasi kuat adanya cavendish bananas yang diimpor dengan harga dumping.



"Ini mengakibatkan kerugian bagi industri dalam negeri Indonesia yang memproduksi barang sejenis," kata Ketua KADI, Halida Miljani.



Berdasarkan peraturan yang ada, maka KADI akan melakukan penyelidikan atas barang tersebut. Menurut Halida, penyidikan itu sendiri akan dimulai pada hari ini, Kamis (7/10).



Halida berharap kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk memberi informasi lebih lanjut, ataupun juga tanggapan atas dugaan dumping ini. Diharapkan, industri dalam negeri, importir di Indonesia, eksportir dan juga produsen dari Filipina bisa melakukan dengar pendapat berkaitan penyelidikan dumping dan kerugian yang diakibatkannya.



Muchammad Nafi - Tempo



INDEKS BERITA LAINNYA :