Thursday, June 6, 2013

Tempointeraktif.com - Juventus Terancam Degradasi

Minggu, 14 Mei 2006.





Juventus Terancam Degradasi

Minggu, 14 Mei 2006 | 16:06 WIB

TEMPO Interaktif, Roma: Sanksi keras kini mengancam Juventus yang tengah diselidiki Kejaksaan Napoli, Italia, atas dugaan pengaturan hasil pertandingan musim 2004/2005, bersama AC Milan, Fiorentina, dan Lazio. Bila terbukti bersalah klub ini bisa didegradasi ke Seri B atau gelar juaranya dicopot.



Menurut Undang-Undang Olahraga Italia, klub yang terbukti melakukan pengaturan skor dengan sengaja maka akan langsung didegradasi. Sedang jika klub itu terlibat secara tak langsung, maka gelar yang diraihnya akan dibatalkan.



Pihak Juve menolak berkomentar tentang kasus ini. Sedang Wakil Presiden AC Milan, Adriano Galliani, menyatakan siap membuktikan bahwa timnya tak terlibat. Pemilik Fiorentina, Diego Della Valle, juga mengatakan klubnya tak bersalah.



Juve, Milan, Fiorentina, dan Lazio mulai diperiksa Kejaksaan Naploli pada Jumat lalu. Para penegak hukum mencurigai keempat klub ini terlibat pengaturan skor pada 20 pertandingan Seri A musim 2004/2005. Kejaksaan akan memanggil 41 orang untuk diperiksa, termasuk pengurus klub, wasit, pengurus federasi sepak bola Italia (FIGC), serta wartawan.



Kasus ini merupakan lanjutan dari terungkapnya percakapan telepon antara Direktur Umum Juventus, Lucinao Moggi, dengan Ketua Komisi Wasit FIGC, Pierluigi Pairetto. Dalam percakapan yang dirilis pada 4 Mei itu Moggi meminta wasit khusus untuk pertandingan yang melibatkan Juventus pada 2004/2005.



Kasus ini telah memaksa Presiden FIGC, Franco Carraro, dan wakilnya, Innocenzo Mazzini, mundur. Kamis lalu giliran Moggi dan anggota dewan pengurus Juve yang mengundurkan diri.



afp/ap/nurdin