Thursday, June 6, 2013

Tempointeraktif.com - Hewan Kebun Binatang Dijual

Rabu, 25 Juli 2007.





Hewan Kebun Binatang Dijual

Rabu, 25 Juli 2007 | 14:53 WIB

TEMPO Interaktif, Berlin:



Bila petugas kebun binatang berulah, beginilah jadinya: daging hewan piaraannya dijual demi duit. Itulah yang terjadi di kebun binatang Thueringer Zoopark di Kota Erfurt Jerman, baru-baru ini.



Walikota Erfurt, Andreas Bausewein, pun berang dan mengambil tindakan. "Pembunuhan dan penjualan hewan itu telah dihentikan," kata pemimpin kota dengan 200 ribu penduduk itu pada senin lalu. Namun belum jelas apa sanksi bagi petugas yang membunuh satwa-satwa itu.



Para petugas di kebun binatang itu ketahuan membunuh dan menjual kambing, domba, babi, dan satwa liar lain yang mereka rawat saban hari. Kantor walikota menemukan bahwa sebagian satwa telah hilang dan diduga telah dibunuh tanpa izin untuk dijual dagingnya.



Peristiwa ini telah memancing protes dari aktivis pecinta satwa liar dan meminta direktur kebun binatang dipecat. Pekan lalu, kejaksaan kota Erfurt telah melancarkan investigasi setelah Bausewein meminta mereka turun ke kebun binatang yang memelihara jerapah, monyet, gajah, dan sejumlah satwa peliharaan seperti keledai, kambing, dan babi.



Asosiasi Perlindungan Satwa Jerman mengatakan tindakan para petugas itu telah melanggar undang-undang perlindungan satwa dan khawatir kasus-kasus semacam itu sudah terjadi sebelumnya. "Kami khawatir ini hanya puncak gunung es," kata Wolfgang Apel, presiden asosiasi itu.



Adapun direktur kebun binatang, Hans-Guenther Collette, mengatakan demi mencegah terjadinya kasus serupa di masa datang, mereka akan mempublikasikan jumlah dan keberadaan satwa di sana. "Kami akan melampirkan daftar lengkap satwa di kebun binatang dan memperbaharuinya secara teratur," ujarnya.



DEDDY SINAGA | AP