Saturday, June 1, 2013

IAIN Surabaya Buka Program Studi Politik Islam

Kamis, 14 Juli 2005.

IAIN Surabaya Buka Program Studi Politik IslamSurabaya, 14 Juli 2005 09:48Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya kini membuka program studi (prodi) umum baru, yakni Politik Islam.



"Meski, kami membuka program studi Politik Islam, tapi masalah yang dikaji tidak berbeda dengan ilmu politik umumnya," kata Pembantu Rektor (PR) I IAIN Sunan Ampel Surabaya Dr Thoha Hamim MA di Surabaya, Kamis.



Ia menjelaskan yang dipelajari dalam politik Islam adalah perilaku politisi Islam serta bagaimana manajemen kekuasaan yang baik.



"Dengan prodi umum itu membuktikan IAIN sebagai institut agama tidak hanya mempelajari masalah keagamaan semata," katanya.



Apalagi, katanya, di IAIN Surabaya saat ini sudah dibuka berbagai program studi baru di sejumlah fakultas, diantaranya program studi Matematika, Komunikasi, Biologi, Sosiologi, Psikologi, dan Bahasa Inggris.



"Institut agama tidak harus berbasis nomen clature dalam pemahaman yang sempit. Artinya, tidak perlu ada pembedaan bidang studi antara institut agama dan universitas umum," katanya.



Hal itu, katanya, terlihat pada Massachuttes Institute of Technology di Amerika yang juga membuka prodi sosial, seperti seni, musik, ekonomi, administrasi publik, dan sebagainya.



"Saya kira, IAIN nantinya akan menuju ke sana (seperti Massachuttes)," katanya.



Meski dibuka jurusan-jurusan non agama, katanya bukan berarti IAIN akan diorientasikan untuk menjadi Universitas.



"Itu karena institut berhak membuka berbagai program studi apapun. Yang penting tetap dalam bingkai ilmu humaniora dan social sciencies," katanya.



Dengan adanya prodi Politik Islam, katanya, akan mengarahkan mahasiswa untuk memiliki ketrampilan dalam manajemen di bidang kekuasaan, dan mengeritisi perilaku politik yang mengarah pada pemberdayaan sosial.



"Untuk jurusan matematika dan biologi dikhususkan pada bidang pengajaran (tadris). Ini untuk memenuhi kebutuhan madrasah atau sekolah yang ada di bawah naungan Depag untuk bidang studi itu," katanya.



Namun, katanya, untuk jurusan komunikasi sudah menghasilkan banyak alumni yang terlibat dalam dunia kewartawanan dan kehumasan.



Ia menambahkan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PSB) IAIN Sunan Ampel sudah mulai dibuka dalam dua gelombang yakni 11-26 Juli 2005 (gelombang pertama) dan 8-23 Agustus (gelombang kedua). [TMA, Ant]