Friday, June 7, 2013

Sutiyoso: Jakarta Mendapat Citra Sebagai Kota Kondusif

Selasa, 23 November 2004.

Sutiyoso: Jakarta Mendapat Citra Sebagai Kota KondusifJakarta, 23 November 2004 00:32Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengemukakan penyelenggaraan Asian Network of Mayor Cities 21 (ANMC 21) di Jakarta pada 22 hingga 24 November 2004 adalah sangat berguna bagi citra Jakarta sebagai kota metropolitan yang kondusif.



"Dengan ANMC 21 di selenggarakan di Jakarta, kita mendapat citra sebagai kota kondusif untuk invenstasi," kata gubernur kepada wartawan di sela pembukaan ANMC 21 di Hotel Borobudur.



ANMC 21 adalah sebuah jaringan internasional kota-kota besar di Asia untuk bersama-sama menanggulangi berbagai masalah pembangunan dalam berbagai bidang terutama yang berkaitan dengan teknologi baru, manajemen lingkungan, pembangunan industri dan sebagainya.



Angka 21 merujuk kurun waktu abad 21 dan sidang ANMC 21 di Jakarta dihadiri 12 gubernur atau walikota se-Asia serta kontingen seni budaya masing-masing.



Menurut Sutiyoso Sidang ANMC 21 sangat berguna karena kota-kota besar memiliki maslah yang sama dan perlu berbagi pengalaman dan kerjasama untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.



"Misalnya penganggulangan penyakit menular secara cepat, kepadatan penduduk, masalah sampah dan polusi. Kita bisa bertukar pengalaman dan melakukan kerjasama," kata Sutiyoso.



Jakarta akan mempresentasikan penanggulangan penyakit Demam Berdarah Dengue dan dalam sidang AMNC 21 saat ini, Jakarta akan menawarkan kerjasama penanggulangan masalah tersebut.



Bidang kerja sama AMNC 21 meliputi 17 bidang anatara lain pembuatan pesawat jet ukuran sedang, pengembangan jaringan pariwisata, budaya dan kesenian Asia, kerja sama dalam bidang penanggulangan emisi kendaraan bermotor, kerja sama pengembangan training penanggulangan AIDS, kerja sama peningkatan partisipasi wanita dalam pembangunan, pengembangan jaringan kerja sama krisis manejemen dan kerja sama peningkatan proyek investasi.



Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah melalui keputusan sidang pleno ke-3 ANMC 21 pada bulan Nopember 2003 di Hanoi, Vietnam. Pertemuan AMNC sebelumnya dilakukan di Tokyo (2001), Delhi (2002) dan Hanoi (2003).[EL, Ant]