Friday, June 7, 2013

Republika - Pendukung Fadel Berpesta

Selasa, 28 November 2006.



Pendukung Fadel Berpesta













Presiden dan Wapres ikut mengucapkan selamat.











GORONTALO -- Rakyat Gorontalo tak perlu menunggu lama. Mereka segera berpesta dan kegembiraan mewarnai jalanan umum sesaat setelah sekitar 1.517 tempat-tempat pemungutan suara (TPS) melakukan penghitungan suara dalam Pilkada Gubernur Gorontalo periode 2006-2011, Senin (27/11). Angka-angka penghitungan suara sementara, sejak awal terus menunjukkan pasangan incumbent Fadel Muhamad-Gusnar Ismail yang diusung Partai Golkar, memimpin atas dua rivalnya duet Thamrin Djafar-AD Khaly dan Boni Ointo-Hamid Kuna di seluruh wilayah pemilihan. Sampai pukul 21.00 WITA tadi malam, jumlah suara yang telah dihitung mencapai 488.650 dari total 626.124 pemilih yang terdaftar di KPUD Provinsi Gorontalo. Pasangan Fadel-Gusnar meraih angka telak dengan 398.472 (81,55 persen) suara. Disusul pasangan Thamrin-AD Khaly dengan 81.739 (16,73 persen) suara dan Boni-Hamid dengan 8.428 (1,72 persen) suara.Melihat hasil perhitungan yang sudah mencapai 78 persen, Ketua KPUD Gorontalo, Jassin Tuloli, m!

emperkirakan, pasangan Fadel-Gusnar akan keluar menjadi pememang. ''Kalau melihat hasil sementara, Insya Allah Fadel,'' kata Jassin kepada Republika. Jassin memperkirakan, jika tak ada aral, proses penghitungan suara akan rampung dalam 9-10 hari. Sesuai jadwal, penetapan pemenang dilakukan pada 9 atau 10 Desember 2006. Sementara jadwal pelantikan tergantung situasi. Tentang pelaksanaan pilkadanya sendiri, menurut Jassin, terhitung aman dan damai. Belum menemukan indikasi maupun laporan pelanggaran dari pendukung para kandidat. Ketua Partai Demokrat (PD) Kabupaten Bone Bolango (Bonbol), Niko Ilahude, sudah mengakui keunggulan Fadel-Gusnar atas calon yang diusungnya, yakni Thamrin-AD Khaly. Menurut dia, parpol hanyalah pengusung kandidat, yang menentukan kepemangan adalah kekuatan figur dan pilihan rakyat. Konvoi kemenangan Sementara sedikitnya 20.000 pengemudi kendaraan tradisional Becak Motor (Bentor), kemarin petang hingga malam melakukan konvoi untuk merayakan kemenanga!

n sementara Fadel-Gusnar. Pantauan Antara, Fadel didampingi is!

terinya,

yang dijemput para penggembira, mengawali arak-arakan mulai dari kediamannya, menuju pusat Kota Limboto, Kabupaten Gorontalo. ''Ternyata, rakyat Gorontalo masih mempercayakan daerah ini dipimpin oleh Fadel Muhamad,'' Hendra Abdul, salah seorang tokoh Gorontalo. Massa sengaja bergerak ke arah Limboto, karena pada saat kampanye para pejabat Pemkab Gorontalo melakukan demo besar-besaran, hingga menduduki RRI, untuk menolak Fadel. Kemudian masyarakat menuduh Bupati David Bobihu sebagai dalangnya, tapi dibantah. Arak-arak pendukung Fadel, itu juga sempat dihadang kelompok lawan di Limboto. Namun polisi berhasil mencegah terjadinya bentrokan. Sedangkan Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Kabupaten Gorontalo, kemarin menyesalkan sikap Pemkab yang membagi-bagikan sepeda untuk seluruh kepala dusun (kadus), menjelang pencoblosan. Polsek Bongomeme juga mengamankan 76 unit sepeda motor, yang dicurigai akan digunakan sebagai alat kampanye. Fadel dalam keterangan persnya mengaku telah mendap!

at ucapan selamat langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla. Namun, menurut pria yang dikenal sebagai pengusaha nasional itu, kemenangannya adalah milik masyarakat Gorontalo. ''Mari kita tetap jaga persaudaraan. Perbedaan pendapat dalam pilkada jangan sampai menimbulkan anarki,'' kata Fadel. zam/rto/ant Fakta Angka 626.124 jumlah pemilih 81,55 Persen Suara sementara untuk Fadel-Gusnar

( )