Tuesday, June 11, 2013

Pesawat Cessna Jatuh Di Purwakarta

Sabtu, 9 Maret 2002.

Pesawat Cessna Jatuh Di PurwakartaPurwakarta, 9 Maret 2002 14:32Sebuah pesawat jenis Cessna PK-SAW milik Deraya Air, Sabtu pukul 11.45 WIB jatuh di kawasan persawahan Kampung Nangeleng Desa Depok, Kecamatan Darangdan Purwakarta. Empat penumpang, termasuk pilot dilaporkan mengalami luka-luka. Pilot Ana Ziazzikir dan co-pilot Zainuri menderita luka serius. Sedangkan dua penumpang lainnya, Heri dan Mulya menderita luka ringan.



Seluruh penumpang pesawat, yang merupakan anggota Klub Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) itu, dilarikan ke RS Bayu Asih Purwakarta.



Menurut Mulya, salah seorang penumpang yang luka ringan, mereka berangkat dari Lanud Halim PK pukul 11.00 WIB dengan tujuan Bandung. Namun di atas Kota Purwakarta, pada ketinggian sekitar 3500 kaki, pesawat mengalami gangguan dan terdengar suara ledakan di bagian mesin.



Pilot kemudian menurunkan ketinggian pesawat hingga 2500 kaki, namun pesawat semakin sulit dikendalikan, sehingga terpaksa dilakukan pendaratan darurat.



Pilot lalu memutuskan mendaratkan pesawat di pesawahan. Namun, Cessna tersebut menabrak kabel listrik, sebelum terguling di persawahan.



Ketika ditemukan, kondisi pesawat rusak parah. Bagian kanan depan dan bagian ekor kanan hancur dengan posisi roda di atas.



Menurut saksi mata penduduk, sebelum jatuh, pesawat berputar di atas lokasi dan terbang sangat rendah. Tiba-tiba mesinnya mati, sebelum akhirnya jatuh. Pesawat itu jatuh setelah menabrak kabel listrik.



Petugas dari PT Dirgantara Indonesia datang ke lokasi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan. Tampak pula aparat kepolisian dan anggota Koramil setempat, mengamankan lokasi jatuhnya pesawat. Penduduk berbondong-bondong datang menyaksikan reruntuhan pesawat. [Tma, Ant]