Friday, June 7, 2013

Natal di Palu Aman - 25/12/2005, 12:02 WIB - KOMPAS Cyber Media - NASIONAL

Minggu, 25 Desember 2005.





Natal di Palu Aman

Jamaah Padati Gereja

Palu, Minggu

Kirim Teman | Print Artikel

Perayaan Natal di Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu (25/12),berjalan aman dan lancar, gereja-gereja di kota tersebut dipadati jemaat yang menghadiri Kebaktian dan Misa Natal tahun 2005.

Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Immanuel terletak di kawasan Jln Masjid Raya, GPDI Jln Cit Ditiro, Gereja Bala Keselamatan Korps I Palu dan GPDI Jln Gajamada dipadati ribuan jemaat sekalipun langit kota Palu sejak pukul 06:00 telah diguyur hujan deras hujan deras.

Bahkan, sejumlah gereja diibukota provinsi itu terpaksa harus memasang tenda darurat untuk menampung para jemaat yang terus berdatangan mengikuti ibadah dan misa Natal.

Para jemaat datang dari berbagai penjuru Kota Palu secara bergantian mengikuti ibadah Natal yang dilaksanakan bergilir oleh pihak gereja. "Kami terpaksa memasang tenda darurat di samping kiri dan halan halaman agar bisa menampung jemaat yang hadir," ujar Yossi (45), salah seorang pengurus salah satu gereja di Kota Palu.

Menurut dia, kehadiran jemaat mengikuti ibadah dan misa Natal kali ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal senada juga disampaikan Berti, pengurus gereja di kawasan Jln Tanjung Manimbaya, Palu Selatan. Ia juga mengakui sekalipun pengurus gereja sudah menjadwalkan tiga kali pelaksanaan ibadah Natal dalam sehari ini guna menghindari terjadinya penumpukan, namun jumlah jemaat yang datang sangat banyak sehingga dibangunkan tenda darurat di halaman gereja. Sementara itu, aparat kepolisian bersenjata lengkap dibantu satuan tugas (satgas) internal melakukan penjagaan ketat pada semua gereja di Kota Palu yang melaksanakan ibadah Natal.

Polresta Palu menyebutkan pelaksanaan ibadah Natal pada semua gereja di ibukota Provinsi Sulawesi Tengah tersebut sejak malam Natal (24/12) hingga Minggu siang berjalan lancar dan aman. "Tidak ada kejadian yang menonjol," kata seorang bintara polisi di Kesatuan Samapta Polresta Palu yang enggan disebut identitasnya.

Kepolisian setempat mengerahkan lebih 600 personil polisi dari kesatuan gabungan Polri/TNI dan Satpol Pamongpraja dalam Operasi Lilin-Maleo kali ini, dengan memprioritaskan pengamanan pada rumah ibadah terutama gereja, fasilitas umum, pusat perbelanjaan, serta tempat-tempat keramaian.Sumber:AntPenulis:Edj