Friday, June 7, 2013

detikcom - KPK Akan Kejar Anas Urbaningrum

Sabtu, 11 Juni 2005.

Jika Terbukti Korupsi di KPU

KPK Akan Kejar Anas Urbaningrum

Iqbal Fadil - detikcom



Jakarta -

Keputusan Anas Urbaningrum mundur dari keanggotaannya di KPU dipastikan tak akan menghalangi langkah KPK. Jika bukti menunjukkan Anas terlibat korupsi di KPU, KPK tidak akan segan-segan memeriksanya.



Masuknya Anas ke dalam kepengurusan DPP Partai Demokrat, menurut Wakil Ketua KPK Erry Riyana Hardjapamekas, tidak akan mempengaruhi proses pemeriksaan yang tengah dijalankan KPK.



"Buat KPK, seseorang menjadi apa atau tidak menjadi apa, itu tidak menjadi soal. Sepanjang dia melakukan tindak pidana korupsi kami akan tetap memeriksanya. Menteri saja kita periksa kok," tegas Erry usai acara Bincang Sabtu di Restoran Marios Place, Menteng, Jakarta, Sabtu (11/6/2005)..



Saat ditanya apakah mundurnya Anas untuk berkelit dari kasus yang menimpa KPU saat ini, Erry mengatakan, "Tidak, saya tidak mengatakan itu. Siapa pun boleh pindah profesi, jadi apa pun. Dan selama kita bisa membuktikan dia korupsi baru akan kita tindak."



Sekadar diketahui, di tengah berkecamuknya tudingan suap dan korupsi terhadap KPU, Anas yang menjadi salah satu anggota KPU memilih mundur dari posisi tersebut. Anas memutuskan berkonsentrasi di Partai Demokrat yang mengusung duet SBY-JK dalam pilpres 2004 lalu. Dalam kepengurusan DPP Partai Demokrat, Anas menjabat sebagai Ketua Bidang Politik.



(

umi

)