Saturday, May 18, 2013

PBB Buka Pendaftaran Caleg


Kendari,UB 
       Setelah ditetapkan resmi menjadi peserta pemilu, Tim penjaringan calon legislatis (caleg) Partai Bulan Bintang (PBB) bergerak cepat. Mulai tanggal (20/30), tim penjaringan serentak mulai melakukan pendaftaran penjaringan caleg baik yang duduk di DPRD tingkat II, DPRD tingkat I dan DPR-RI. Meski demikian, situasi ini tak membuat partai mengabaikan prinsip utama dalam perekrutan caleg yakni kualitas, integritas, dan kapabilitas.
    Majelis Pertimbangan Wilayah (DPW) PBB Sultra, dr.Izhat Manarfa mengatakan seperti partai lainnya, proses pendaftaran penjaringan caleg PBB terbuka untuk umum baik dari kalangan internal dan eksternal. Hal ini sesuai dengan hasil rapat MPW Sultra, Selasa (19/3) malam. Dimana telah menginstruksikan seluruh pengurus daerah dan wilayah untuk segera melakukan pendaftaran penjaringan caleg.
    Sesungguhnya, proses perekrutan caleg PBB sudah dilakukan namun belum resmi sebab belum ada keputusan resmi dari KPU pusat. Itulah sebabnya, sampai hari ini kader-kader PBB belum loncat ke partai lain. Padahal diantara mereka mempunyai peluang untuk lolos bertarung dalam pemilihan caleg. Namun dikarenakan komitmennya untuk membesarkan partai, mereka tetap percaya dan melanjutkan karir di PBB.
    Meskipun dibanding terlambat, namun kualitas caleg menjadi prioritas utama dari PBB. Oleh sebab itu, PBB telah meyiapkan petunjuk teknis pencalegan. Sehingga, setiap orang yang mendaftar menjadi caleg diwajibkan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan setelah mendaftar. "Dengan dilakukannya fit and proper test, maka kami akan mengetahui potensi perolehan suara serta startegi apa yang akan digunakan. Selain itu kita juga akan mempertanyakan yang terkait dengan kemampuan tentang keparlemenan dan alasan mengapa memilih PBB,” jelas Sekretaris Komisi IV DPRD Sultra ini, Rabu (20/3)
    PBB sendiri tidak menargetkan kursi di dewan tambahnya, yang terpenting partai bisa lolos parlementary resold. Sebab apalah artinya bila di daerah suara cukup namun secara nasional tidak cukup maka otomatis kursi di dewan akan sirna. "Namun demikian untuk kursi di DPRD Sultra ditargetkan lebih baik dari pemilu sebelumnya. Jika sebelumnya dua minimal tiga wakil PBB di dewan,"terangnya.
    Saat ditanya apakah akan maju sebagai caleg di DPRD Sultra, mantan Kepala Dinas Kesehatan ini membantah. Menurutnya, partai telah meminta dirinya maju bersama bapak Dinamis dan 2 caleg perempuan di DPP untuk maju menjadi caleg DPR-RI. "Insya Allah, kami optimis PBB akan lolos parlementary resold dan menempatkan wakilnya lebih banyak di parlemen,"ujarnya optimis. (amal)