Wednesday, January 23, 2013

Wawonii Selatan Porak-Poranda Disapu Angin Puting Beliung

Unaaha-(Kabar Anoa)
Di Kabuapten Konawe, bukan hanya Kecamatan Onembute yang sering dilanda musibah angin puting beliung. Terkini, Kecamatan Wawonii Selatan juga diterpa bencana tersebut, Senin (14/1) lalu, sekitar pukul 14.00 wita. Tepatnya di Desa Sawapatani dan Desa Wungkolo. Bencana itu terjadi seperti diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Jahiuddin, Selasa (15/1) lalu.


Mantan Kabag Keuangan Setkab Konawe itu merinci, di Desa Sawapatani dua unit pasar desa rata dengan tanah dan empat rumah warga rusak ringan. Sedangkan di Desa Wungkolo, sebelas rumah warga rusak ringan dan dua unit rumah rusak berat. "Kami langsung turun lapangan setelah tahu ada bencana ini, untuk membantu korban bersama pemerintah kecamatan, Polsek dan Koramil Wawonii.Sejauh ini belum ada korban jiwa,"ujarnya.

Menurut Jahiuddin, BPBD Konawe telah memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, dan itu sudah menjadi prosedur tetap jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Pemenuhan kebutuhan dasar itu berupa bahan makanan yakni beras dan mie instan. "Selain itu, kami juga membantu korban mengevakuasi barang-barang korban sekaligus mendirikan posko penanganan darurat. Disamping itu saya sebagai kepala BPBD Konawe, menghimbau dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tetap waspada jangan sampai ada badai susulan," tambah Jahiuddin yang kini masih berada dilokasi bencana.

Sekitar sebelas kepala keluarga kini mengungsi sementara di rumah Kepala Desa Wungkolo dan ada juga posko kesehatan yang ada di Desa Wungkolo. Diakui Jahiuddin, bantuan yang diberikan pada korban bencana angin puting beliung masih sangat terbatas. Selayaknya mereka harus diberikan kebutuhan sandang dan pangan.

Terbatasnya bantuan yang diberikan menurut Jahiuddin, akibat keterbatasan anggaran yang diplotkan oleh DPRD Konawe dalam penetapan APBD 2013."Kami berharap agar anggota DPRD konawe, agar kita dudukkan bersama menyangkut penanganan bencana di Konawe ini," tutup Jahiuddin. Sayangnya, Jahiuddin enggan merinci jumlah anggaran yang dipangkas DPRD Konawe saat pembahasan APBD 2013 akhir tahun 2012 lalu. (Cr-6/KA-01)