Wednesday, January 23, 2013

Delapan Cabup Konawe Ditetepkan KPU

Unaaha-(Kabar Anoa)
Sebelumnya, Delapan bakal colan Bupati dan Wakil Bupati yang telah mendaftarkan diri ke KPU November 2012 lalu, kini delapan bakal cabup resmi ditetapkan KPU melalui rapat plono terbuka digedung Wekoila, Rabu (16/1) lalu, yang dihadiri lima komisioner KPU Konawe, dan juga para kandidat yang diwakili anggota tim kemenangan calon para kandidat.

    Delapan calon Bupati dan wakil Bupati ini, diantaranya dua pasang jalur indepeden dan enam pasang diusung Partai politik, kategori yang masuk dalam jalur independen diantaranya andi Hasbullah Husain Moita dan dr Mardi Santosa (Hasmar). Sedangkan Pasangan yang diusung partai politik yaitu, pasangan Irawan Laliasa-Burhanuddin Ak (Ilham) diusung PNBK, PKB dan Hanura. Minus Gerindra dan PPP, hanya sebagai partai pendukung bukan pengusung. Disusul pasangan Kery Saiful Konggoasa-Parinringi (Berkesan) diusung PAN. Kemudian pasangan, Masmuddin-Mustakin yang diusung Partai Demokrat dan PPNUI.
   Selanjutnya, pasangan Surunuddin Dangga-Siti Aminah Rasak Porosi (Srasi), didukung partai Golkar, PKS dan Partai Pelopor. Disusul pasangan Syamsul Ibrahim-Litanto (Sultan) diusung PDIP, PBB, dan PPD. Kemudian, pasangan independen Hj.Weni-Sainal Kamase (Wekoila) dengan jumlah 17.236 dukungan.Terakhir, pasangan Yusuf Tawulo-Azis Tondrang diusung 13 parpol  non seat.
   Sebelumnya Ketua Pokja Pencalonan Pilbup KPU Konawe, Ir.Hajartul Aswath Taridala membacakan hasil verifikasi dukungan parpol dan calon
independen. Termasuk hasil pemeriksaan kesehatan. Kedelapan calon memenuhi syarat seperti berkas SKCK, focotcopy KTP legalisir, keabsahan ijazah, NPWP, Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHPN), partai pendukung dan dokumen kesehatan. "Begitupun formulir tidak memiliki tanggungan utang, tidak sedang vailid, formulir surat keterangan sedang tidak dicabut hak pilihnya semua calon memenuhi syarat," ujar Ir.Hajartul Aswath Taridala saat membacakan hasil verifikasi didampingi empat komisioner KPU lainnya, Sukiman Tosugi, Bislan, Rudiasin dan Suhardin.
    Ir.Hajartul Aswath Taridala membantah isu beredar bahwa KPU Konawe meloloskan delapan calon hanya sekedar mengamankan diri atau menghindari
konflik apabila tidak diloloskannya beberapa calon. "Tidak benar itu. Kita sudah bekerja untuk memverifikasi secara baik. Makanya hari ini kami secara transparan mengumumkan. Berkasnya dapat dilihat. Kalaupun ada yang komplain silakan. Kami siap merubah. Tetapi kan kami sudah memakai jasa instansi pemeriksa berkasnya," tambah Ir.Hajartul Aswath Taridala.
    Ir.Hajartul Aswath Taridala mengaku rapat internal KPU Konawe, Selasa malam lalu. terkait bakal calon yang akan diloloskan dapat dikatakan berjalan alot dapat pula dikatakan tidak alot. Sebab, dalam menentukan pasangan yang diusung parpol non seat. "Tadinya kan 15 parpol. Nah, setelah diverifikasi kembali secara baik dan utuh ternyata hanya 13 parpol saja," ucapnya.
    Sebelum pleno penetapan pun menurut Ir.Hajartul Aswath Taridala pihaknya senantiasa berkoordinasi dan rapat konsultasi dengan Panwas
Kabupaten Konawe. Tujuannya untuk menyerap masukan sebelum pleno penetapan cabup dan cawabup Konawe ini. "Kami juga menyahuti masukan Panwas. Kalau memenuhi syarat kenapa tidak diloloskan, sebaliknya kalau tidak memenuhi syarat maka jangan diloloskan," tegasnya.
    Ditempat yang sama, Ketua KPU Konawe Sukiman Tosugi lalu membacakan SK penetapan pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah sebagai peserta Pemilukada yakni nomor 30/KPTS/PKWK/KPU/027.433256/I/2013. "Setelah tahapan ini, KPU Konawe selanjutnya memasuki tahapan penetapan, penentuan nomor urut dan pengumuman pasangan calon yang berlangsung 19 hingga 21 Januari 2013," ujar Sukiman Tosugi. (Cr-6/KA-01)