Wednesday, January 23, 2013

Cuaca Buruk, Warga Takut Melaut

Unaaha-(Kabar Anoa)
Cuaca buruk yang melanda wilayah pesisir, Kecamatan Watunggarandu dan Soropia, membuat sebagian nelayan enggan untuk melaut, pasalnnya selain ombak yang besar juga angin sewaktu-waktu bertiup kencang yang mereka nilai sangat berbahaya jika aktivitas melaut mereka lakukan.


Warga Desa R.Paka Kecamatan Watunggarandu Amin yang juga berprofesi sebagai nelayan mengatakan, cuaca buruk sudah beberapa hari terjadi, terutama pada sore hari, selain angin kecang juga disertai dengan ombak besar sehingga dirinya menaikkan perahunya kedaratan, karena takut perahunya dirusak ombak begitu besar.

Kata dia, beruntung ada tanggul penahan ombak sehingga tidak sampai kerumah warga "saat ini memang sudah musim ombak, sampai bebrapa bulan ke depan akan berombak terus, jadi kita kalau sudah musim seperti ini kita tidak melaut dulu, artinya kita cuti dulu, yah dari pada membahayakan kita lebih baik tidak melau"ujar Amin

Namun, kata dia ada juga yang nekat melaut meskipun cuaca tidak bersahabat, karena dimusim ombak seperti ini jika memancing biasanya dapatnya banyak, tapi resikonya juga besar, kalau tenggelam jarang yang hidup. namun itu bagi nelayan yang memiliki perahu besar, artinya perahunya sehat.

Dia menambahkan, jika musim ombak besar sudah datang ikan menjadi mahal harganya, biasanya warga tidak makan ikan, kalaupun makan ikan itu dibeli di pasar Mandonga."bukan hanya warga yang tidak makan ikan, kita juga nelayan tidak makan ikan, karena bukan hanya nelayan pemancing yang tidak melaut yang pasang sero juga terkadang rusak seronya, karena dihantam ombak" katanya (KA-01)