Friday, May 13, 2011

Konawe Rawan Bencana

Unaaha,Armin Rumpa (Jurnalis Media Sultra)
Kabupaten Konawe yang berada disekitaran Sungai Konawe'Eha termasuk daerah rawan banjir dan angin puting beliung. sedikitnya dalam tahun 2011 telah terjadi tiga kali puting beliung dan banjir. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Wayong Lasandara.
"Tahun 2011 saja ini sudah tiga daerah yang dilanda banjir dan angin puting beliung. Tetapi banjir masih skala kecil"ujar Wayong Lasandara, Rabu (11/5).

Wayong mengatakan, ketiga daerah itu yang dilanda angin puting beliung yakni Desa Teteona, Wonggeduku, Kelurahan Mekarsari, Tongauna, dan dua desa di Kecamatan Puriala. dan kerugian setiap lokasi bencana ditaksir sekitar ratusan juta rupiah. Daerah Teteona dan Puriala rawan banjir dan angin puting beliung. "setiap kejadian kami sebatas memberikan bantuan dasar, seperti sembako dan rehabilitasi rumah," katanya
Kata wayong, fasilitas yang dimiliki BPBD Konawe saat ini, masih cukup minim, sehingga jika terjadi bencana besar, pihaknya kerap meminta bantuan ke SAR Sultra, Misalnya banjir yang terjadi di Kecamatan Puriala tahun lalu. Untuk mengevakuasi warga yang terisolir pihaknya harus meminta bantuan SAR Sultra,
Ditambahkan Wayong, penanggulangan bencana memang tugas lintas sektoral. Tidak hanya BPBD semata. Melainkan dibantu instansi lain seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial. Sebab, masalah bencana juga melibatkan tiga komponen. dalam hal ini Pemerintah pusat, pemerintah Kabupaten dan Non Goverment Organization (NGO).
"Setiap bencana kami langsung menginventarisir dilapangan. Kalau bencana ringan sifatnya ditanggulangi daerah. namun jika bencana besar baru kami laporkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana," tutupnya.(***)