Thursday, May 19, 2011

Kapolda Sultra Hadiri Pengukuhan Pengurus KBPPP Konawe

Unaaha, Armin Rumpa (Jurnalis Media Sultra)
Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) daerah Sulawesi Tenggara, Ana Susanti SSos MSi melantik sekaligus mengukuhkan pengurus resort Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Kabupatenn Konawe, Ir Ferdinand Sapan sebagai Ketua resort KBPPP Kabupaten Konawe, dan Siti Sainab Lamambo sebagai wakil ketua resort KBPPP Konawe. periode 2010-2014 di Gedung Wekoila Kota Unaaha, Kamis (19/5), yang juga dihadiri oleh Kapolda Sultra Brigjend Pol Sigit Sudarmanto dan Bupati Konawe, Lukman Abunawas dan Kaplres Konawe AKBP HArtoyo.

Selain itu hadir pula, DPRD KOnawe, Kerry Syaiful Konggoasa, Ketua DPRD Konut, Raup, para Muspida dan para kepala dinas, badan dan kantor Lingkup Pemkab Konawe serta pengurus KBPPP daerah Sultra dan resort Kota Kendari. Kepala resort KBPPP Kabupaten Kolaka juga tampak hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan Kapolda Sultra, Brigjen Pol Sigit Sudarmanto SH MM menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus sekaligus menaruh harapan agar seluruh komitmen yang diemban resort KBPPP Konawe dapat dilaksanakan dan direalisasikan.
Sedianya kata Sigit, dirinya bersama Gubernur dan sejumlah Muspida di Sultra akan berkunjung ke Negeri Tirai Bambu, Cina. "Hari ini pak Gubernur bersama Muspida di Provinsi akan berangkat ke China, tapi karena pentingnya acara ini sehingga saya membatalkan visa keberangkatan saya ke Cina karena saya menganggap putra-putri kita ini adalah aset yang sangat mahal,"katanya.
Dalam sambutannya, Kapolda Sultra meminta, agar seluruh anggota resort KBPPP Konawe bisa menjadi polisi dalam dirinya. Dengan memulai diri menjadi seorang polisi"Mari kita jadi polisi mulai dari diri sendiri,"ajaknya.
 Kata dia, bisa membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Menjadi polisi bukan berarti kita harus mengenakan seragam,tapi bagaimana seseorang memiliki sikap yang memiliki daya cegah dan perlawanan, memiliki kesadaran serta bisa memberi kesaksian. Kapolda juga memberi contoh kecil misalnya, sebelum keluar rumah jangan lupa menutup pintu untuk menjaga keamanan rumah, Kemudian pro aktif memberi informasi terkait dengan keamanan kepada petugas. Ini salah satu cara untuk membantu tugas-tugas kepolisian
Dia berharap agar KBPPP ini bisa menjadi salah satu agen perubahan di kepolisian dalam membantu tugas-tugas kepolisian. Pasalnya, Kata Kapolda, untuk mengamankan wilayah Sultra, pihak kepolisian mengalami keterbatasan baik dalam jumlah personil maupun sarana dan parasarana. dan jumlah personil di Sultra hanya enam ribu orang. Perbandingannya dengan masyarakat 1:300.
"Kita mengalami kendala karena sebaran penduduk kita tidak merata sehingga ada wilayah-wilayah yang tak bisa dijangkau. Saya harappkan agar anggota KBPPP ini bisa membantu kepolisisan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah ini,"harap Kapolda
Sementara itu Dalam sambutannya, Ketua KBPPP daerah Sultra, Ana Susanti mengatakan bahwa KBPPP merupakan wadah kreatifitas putra putri Polri yang memiliki peran membantu tugas Polri sebagai mitra masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat."KBPP juga memiliki peran sebagai mata dan telinga Polri di tengah-tengah masyarakat yang sejalan dengan Renstra Polri, Polisi sebagai mitra masyarakat,"Ujanya.(Cr-6)