Tuesday, February 22, 2011

Dishut Konawe Kembali Ditarget PAD Dua Miliar

Unaaha, Armin Rumpa(Jurnalis Media Sultra)
Tahun 2011 Pendapatan Asli daerah (PAD) Dinas Kehutanan Kabupaten Konawe ditarget dua miliar, sama halnya dengan tahun 2010 juga dua miliar, namun capaian dari target untuk tahun 2010 hanya 39 persen. hal itu dikatakan Sekretaris Dishut Konawe, H.K. Santoso saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (22/2)

Menurutnya, Target PAD tahun 2011 sama halnya dengan tahun 2010 juga sebesar dua miliar namun yang bisa dicapai hanya 39 persen, atau sekitar lebih kurang 780 juta, namun untuk tahun 2011 belum bisa diketahui berapa yang akan dicapai.
"kita belum bisa prediksi berapa yang akan dicapai tahun ini, karena kalau kita paksakan untuk mencapai target tersebut, sama halnya kita dipaksa untuk merusak hutan, mestinya diberikan target kecil, tetapi anggaran pengawasan dilehihkan"kata Santoso.
kata dia, sektor capaian PAD untuk Dishut hanya dari Izin pemenfaatan kayu, untuk lainnya tidak ada, dan untuk izin pemanfaatan kayu tanah milik untuk tahun 2011,di Konawe hanya ada tiga, di Kecamatan Latoma dua Izin yang dikeluarkan dan Kecamatan Tongauna satu izin.
"areal kepemilikan masyarakat, semakin hari semakin sempit, sehingga pemberian izin pemanfaatan kayu milik juga sedikit yang dikelurkan, kita juga tidak mungkin mau paksakan orang untuk menebang kayu"Ujar Santoso (***)