Sunday, January 30, 2011

Yasir Diadukan Ke Polisi

Unaaha, Hasrudin Laumara (Jurnalis Kendari Pos
    Ketua Panitia Penjaringan PNS dari jalur sekdes di Kabupaten Konawe tahun 2009, Yasir dilapor polisi. Adalah Sarpin, sekdes Tawarotebota, Herman Jon, Sekdes Anggopiu, Kecamatan Uepai dan Bastian, sekdes Wawolemo, Kecamatan Pondidaha. Sarpin melaporkan di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Konawe, Selasa (11/1) lalu sekitar pukul 13.30 wita. Laporannya diterima Nurokhman dan Usman.
    Sarpin mengaku pihaknya belum di BAP oleh pihak kepolisian. Inti laporannya adalah dugaan pemalsuan surat pengusulan sekdes menjadi PNS yang diduga dilakukan oleh Yasir panitia penjaringan yang jjuga kasubag kerjasama dan pembinaan aparatur Bagian Pemerintahan Setda Konawe.
    Sarpin juga melaporkan Sekdes Tawarotebota, Nasrullah Jainal yang lolos PNS karena oknum tersebut memalsukan dan membuat SK baru bertahun 2004. "Sekdes Tawarotebota, Nasrullah Jainal itu tidak pernah menjalankan tugas. Mendadak mengikuti orientasi. SKnya langsung diberikan. Sekdes lain yang lolos PNS mengikuti orientasi," ujar Sarpin, Rabu (12/1) kemarin.

    Sarpin dia juga laporkan adanya pembuatan SK desa pada 2004 atas nama Nasrullah sementara saat itu Sarpin masih aktif  menjalankan tugas sebagai sekdes. "Padahal saya punya SK Bupati 180 tahun 2004. Itu secara kolektif. Laporan kami mengapa ada SK baru ditahun yang sama, sementara saya masih menjalankan tugas sampai tahun 2006. Bahkan mantan Kades Tawarotebota, Marinus dan Kades saat ini Liyanis membantah telah membuatkan SK kepala desa tahun 2004 untuk Nasrullah Jainal," tambahnya.
    Kasat Reksrim Polres Konawe, Laupe Kasau SH melalui Kasubag Humas Polres Konawe, AKP Syahrir Hanafi membenarkan pelaporan itu Sarpin. "Kemarin kita periksa Yasir. Dia bawa beberapa sampel berkas sekdes yang dikirim ke BKN. Sekdes yang diusul untuk CPNSD tetapi dia pegang pengusulan tahap ke tiga. Kan ada tahap satu dan dua. Saat itu dikelola Bagian Pemerintahan Desa," ujar AKP Syahrir Hanafi diruang kerjanya kemarin.
    Sementara itu, Yasir yang dikonfirmasi via telepon selulernya, bernomor 08567809068,justru ponselnya sedang dialihkan dari panggilan telepon.(**)