Sunday, June 9, 2013

detikcom - Tangkal Si Cakar Putih Stretch Mark

Rabu, 22 Agustus 2007.

Tangkal Si Cakar Putih Stretch Mark

Nadhifa Putri - detikcom

Jakarta - Tanda parut berupa gurat-gurat putih berbentuk garis yang berliku seperti anak sungai tentulah tak elok muncul pada permukaan kulit. Apalagi tidak dapat disembuhkan. Lalu bagaimana menangkal munculnya si cakar putih stretch mark ini?



"Stretch mark tidak dapat dihilangkan seluruhnya. Cakaran putih ini hanya bisa disamarkan," kata Dr Nooryda Hardjono SpKK, dokter kulit dan kelamin Rumah Sakit Bunda, Jakarta Pusat.



Hal ini disampaikan dia dalam diskusi bertajuk "Amazing Motherhood Amazing Skin" di Kafe Brandina's, Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 21 Agustus 2007.



"Cara menangkalnya dengan perawatan kulit sedini mungkin. Harus sering mengoleskan krim atau losion sambil memberikan pijatan ringan searah jarum jam pada bagian tubuh yang rentan terkena tanda ini," jelas Nooryda.



Umumnya stretch mark muncul pada dinding perut, lengan atas, pinggul, paha, bokong, dan payudara.



"Akan lebih bagus dengan krim atau losion yang mengandung kolagen. Sebab kolagen merupakan protein yang penting bagi kulit. Stretch mark sulit dihilangkan karena kolagen atau jaringan kulitnya sudah rusak," ujar Nooryda.



Bagi ibu hamil, lanjut dia, pengolesan krim atau losion dimulai pada awal masa kehamilan. Apalagi kulit cenderung kering saat hamil.



"Krim atau losion tidak mengganggu janin. Pengolesan pada payudara juga tidak berbahaya, asalkan produknya telah lolos uji BPOM. Tapi buat ibu melahirkan, kalau mau menyusui, puting payudara harus dibersihkan dulu dari krim atau losion," papar Nooryda.



Selain perawatan kulit, asupan makanan bergizi seperti sayuran dan buah juga harus diperhatikan. Kalau kurang, justru bisa semakin memperbanyak stretch mark.



Bagi yang mengalami perubahan berat badan secara mendadak, seperti tiba-tiba gendut atau kurus, dianjurkan melakukan olahraga secara teratur dan diet seimbang. Pada ibu hamil dianjurkan olahraga ringan yang tidak melelahkan.



"Klinik yang menawarkan dapat menghilangkan stretch mark itu tidak mungkin, tapi kalau menyamarkan bisa. Yang penting harus rajin merawat kulit," ucap Nooryda.



Terkait:



* Mitos Si Cakar Putih Stretch Mark

(sss/ana)