Monday, June 3, 2013

detikcom - Syam, Marinir Cerdas yang Pernah Sekolah ke Korea

Jumat, 17 Agustus 2007.

Syam, Marinir Cerdas yang Pernah Sekolah ke Korea

Chazizah Gusnita - detikcom

Jakarta - Letda (Marinir) Syam Ahmad Sanusi bukanlah tentara biasa. Dia dikenal sebagai sosok cerdas dalam Pasukan Intai Amfibi Marinir. Syam bahkan pernah disekolahkan ke Korea untuk mempelajari bahan peledak.



Dia menjadi anggota pasukan khusus Marinir selama 10 tahun.



Saat pasukan ini bertugas ke sejumlah wilayah Indonesia, Syam tidak pernah ketinggalan. Dia juga pernah masuk ke daerah konflik seperti Timor Timur.



Karena kecerdasannya, Angkatan Laut menyekolahkan dia ke Korea selama 6 bulan untuk mempelajari bahan peledak.



"Jadi istilahnya demolisi. Dia itu orangnya cerdas," kata Wakil Komandan Pusat Pom AL Kolonel Laut PM King Kin Suroso di RS TNI AL Mintoharjo, Jl Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (17/8/2007)



Menurut King, kecerdasan Syam sudah tampak sebelum dia lari bersama Gunawan. Suatu kali, Syam pernah diberi stereofoam yang diukirnya menjadi mobil jip komando.



"Itu ukiran tangannya, setelah jadi mirip seperti aslinya," kata King



Bukan hal mudah untuk menjadi pasukan khusus intai amfibi. Selain fisik yang kuat dan keahliannya, hasil IQ dan psikotesnya juga harus bagus. Kemudian, barulah dia dilatih dengan materi khusus.



"Jadi kalau misalnya kita menembak ke sasaran pakai pisau (komando) itu dari depan. Kalau dia (Syam), membelakangi sasaran juga bisa, dan tepat sasaran," ujarnya.

(fiq/umi)