Sunday, June 9, 2013

detikcom - 1.500 Kru Garuda Umrah Gratis

Rabu, 13 Oktober 2004.

1.500 Kru Garuda Umrah Gratis

Nurul Hidayati - detikcom



Jakarta -

Sungguh beruntung 1.500 kru maskapai nasional Garuda Indonesia. Pasalnya mereka ketiban rejeki menunaikan ibadah umrah gratis.



Kru sebanyak itu bisa berumrah tanpa ongkos berkat jasa PT Balda Citra Mandiri, sebuah perusahaan perjalanan pimpinan Dadan Irawan Sarpingi. Menurut MoU yang diteken dengan Garuda, Balda akan melayani umrah para kru Garuda yang tengah berdinas ke Jeddah selama 6 bulan, dimulai awal Ramadhan ini.



Rinciannya, tiap minggu akan diumrahkan sekitar 60 kru yang berdinas ke Jeddah pada Senin, Rabu dan Jumat. Ditambah kru yang bertugas dalam extra flight, total kru yang umrah mencapai 1.500 orang.



Kalau gratis, darimana Balda dapat untung? "Bisnis sama Allah beda dengan bisnis dengan manusia," kata Dadan pada detikcom sambil terkekeh, Rabu (13/10/2004).



Dadan menggagas umrah gratis ini setelah melihat bahwa kru Garuda sering terbang ke Jeddah, tapi tidak bisa sekalian umrah karena tidak adanya koordinasi. "Karena itulah saya berpikir untuk menjembatani mereka. Jika kita membantu orang ibadah, tentunya dunia akan ikut dengan kita," jelas Dadan.



Sepotong kisah di atas pesawat Garuda memperkuat niatnya untuk menggelar program umrah gratis itu. Suatu ketika, dalam perjalanan pulang dari Tanah Suci, pengurus Organda ini membawa empat potong ayam goreng. Di pesawat, dia bilang kepada pramugari untuk tidak makan menu Garuda karena membawa menu sendiri.



Karena kru Garuda sering meliriknya, akhirnya Dadan menawari menunya. "Saya punya 4 potong ayam, tapi hanya saya makan 2. Apakah Anda mau yang 2 potong sisanya?" tanya Dadan. Tawaran itu disambut baik kru Garuda. Bahkan kru memberi balasan Dadan roti dan buah-buahan.



"Padahal saya cuma beri 2 potong ayam sudah dapat balasan sebanyak itu. Apalagi jika saya memberi lebih?" ungkap Dadan.



Tidak menutup kemungkinan Dadan juga akan mengumrahkan kru maskapai penerbangan lainnya. "Tapi untuk sementara, kita coba yang dari Garuda dulu," katanya.





(

nrl

)