Saturday, May 18, 2013

BMKG: Peringatan Cuaca Ekstrem


Ketinggian Gelombang Capai 5 Meter
Kendari,UB
    Aktifitas pelayaran di Sultra harus waspada, pasalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem di wilayah perairan Sultra akan terus terjadi hingga 24 Mei mendatang. Cuaca buruk memicu gelombang antara 2-5 meter, terutama di perairan sebelah timur Buton Utara (Butur) dan Wakatobi yang mencapai lima meter.
    Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Natsir mengatakan diperkirakan cuaca buruk akan terjadi hingga akhir Januari, dimana disertai angin kencang dan gelombang tinggi mengancam keselamatan kapal di perairan Sultra. Untuk itulah BMKG mengimbau kepada operator kapal untuk lebih waspada dalam berlayar, pada empat hari ke depan. Gelombang dengan ketinggian lebih 3 meter tambahnya, diperakirakan terjadi di perairan Bau-bau, kepulauan Wakatobi, perairan Manui-Kendari dan Kepulauan Banggai. "Sementara gelombang dengan ketinggian 5 meter diprakirakan terjadi di Laut Banda yakni sebelah Timur perairan Buton utara (Butur) dan Wakatobi,"terangnya kepada Kendari Pos, kemarin. 
    Keadaan cuaca pada umumnya kata Natsir, berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan, namun disertai dengan guntur dan angin kencang. Arah angin pada umumnya bertiup dari arah barat laut hingga utara dengan kecepatan antara 3 – 20 knots atau maksimal 37 kilometer perjam. "Untuk suhu udara rata-rata 28 derajat celcius dengan suhu udara maksimum 33 derajat celcius dan minimum 24 derajat celcius. Sedangkan kelembaban udara rata-rata 80 persen, Kelembaban udara maksimum 96 persen dan minimum 62 persen,"jelasnya.
    Prakirawan, Faizal Habibie selanjutnya merinci satu persatu daerah perairan Sultra. Diprediksi, perairan Bau-bau akan terjadi hujan dimana angin berhembus dari selatan menuju barat dengan kecepatan 2-10 knot sehingga memicu tinggi gelombang maksimum 1,5 s.d 2,5 meter. Untuk perairan Wakatobi, meskipun cuaca cerah hingga berawan namun angin berhembus dari barat ke utara dengan kecepatan 2-15 knot memicu 1,5 s.d 3 meter.
    Selanjutnya, di perairan Manui-Kendari arah angin bertiup dari arah barat laut menuju timur laut dengan kecepatan 2-15 knot memicu gelombang maksimal 2,5 meter. Teluk Tolo, cuaca cendrung hujan dan berawan dengan ketinggian gelombang maksimum 2 meter dengan kecepatan angin mencapai 10 knot. Sementara, untuk laut timur Sultra tepatnya disebelah timur Butur dan Wakatobi cuaca cerah berawan. Walaupun demikian tinggi gelombang mencapai 3 meter disebabkan angin yang bertiup dari arah barat laut ke timur laut mencapai kecepatan 15 knot. Bahkan diprediksi, tinggi gelombang pada tanggal 24 januari bisa mencapai 5 meter dipicu tiupan angin kencang yang mencapai 37 kilometer perjam.
    Faizal menghimbau agar nelayan untuk sementara tidak melaut demi keselamatannya, karena gelombang pasang dan tinggi akan mengancam keselamatan jiwa.
BMKG menyebutkan cuaca ekstrem masih terus terjadi di wilayah Sultra terutama bagian timur. (amal)

TANGGAL 22 Mei 2013 GELOMBANG WILAYAH PERAIRAN
>2.0 - 3.0 Meter Perairan Bau - Bau, Perairan Kep. Wakatobi, Perairan Manui - Kendari, Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara,  Perairaan Kep. Banggai, Perairan Kep. Sula, Laut Seram bag. Barat, Laut Seram bag. Timur, dan Perairan Selatan Ambon.
>3.0 - 4.0 Meter Laut Banda bag. Utara, Laut Banda bag. Selatan, Perairan Kep. Babar, dan Perairan Kep. Sermata - Kep. Leti.
Perairan Kep. Kai, Perairan Kep. Aru, Perairan Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bag. Barat,
>4.0 - 6.0 Meter Laut Arafuru bag. Tengah.

TANGGAL 23 Mei 2013 GELOMBANG WILAYAH PERAIRAN
>2.0 - 3.0 Perairan Bau - Bau, Perairan Kep. Wakatobi, Perairan Manui - Kendari, Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara, Meter Teluk Tolo, Perairaan Kep. Banggai, Perairan Kep. Sula, dan Perairan Selatan Ambon.
>3.0 - 4.0 Meter Laut Seram bag. Barat, Laut Seram bag. Timur, Laut Banda bag. Utara, Perairan Kep. Babar, dan Perairan Kep. Sermata - Kep. Leti.
>4.0 - 6.0 meter Laut Banda bag. Selatan, Perairan Kep. Kai, Perairan Kep. Aru, Perairan Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bag. Barat dan Laut Arafuru bag. Tengah.

TANGGAL 24 Mei 2013 WILAYAH PERAIRAN GELOMBANG
>2.0 - 3.0 Meter Perairan Bau - Bau, Perairan Kep. Wakatobi, Perairan Manui - Kendari, Teluk Tolo, Perairaan Kep. Banggai, Perairan Kep. Sula, dan Perairan Selatan Ambon.
>3.0 - 5.0 Meter Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara, Laut Seram bag. Barat, Laut Seram bag. Timur, Laut Banda bag. Utara, Perairan Kep. Babar, dan Perairan Kep. Sermata - Kep. Leti.
>4.0 - 6.0 meter Laut Banda bag. Selatan, Perairan Kep. Kai, Perairan Kep. Aru, Perairan Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bag. Barat, dan Laut Arafuru bag. Tengah.